Kota Malang Raih Dua Penghargaan di PPID Award 2014

Malang, MALANG DAILY ** Keseriusan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang dalam membuat berbagai terobosan di bidang pelayanan publik berbuah manis dengan meraih penghargaan di ajang PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Award 2014 Badan Publik Pemerintah Kab/Kota dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur.

Seperti yang dilansir pada laman Pemkot Malang. Tidak tanggung-tanggung Kota Malang meraih dua penghargaan sekaligus yaitu meraih PPID Terinovatif dan Juara II PPID Terbaik Kategori Kota. Acara yang digelar di Pena Room Graha Pena Lt. 2 Jl. Ahmad Yani 88 Surabaya ini disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi JTV Surabaya mulai pukul 20.00 WIB pada hari itu juga, Jum’at (12/12).

Wali Kota Malang H. Moch. Anton, Kepala Dinas Kominfo Dra. Tri Widyani P., M.Si, Sekretaris Dinas Kominfo Drs. Farid Wahyudi, MM, Kepala Bidang  Informasi Publik (BIP) Diskominfo Kota Malang, Dicky Haryanto, SH, MM hadir dalam kesempatan tersebut. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Wakil Gubernur Jatim, Drs. H. Syaifullah Yusuf.

Gus Ipul, panggilan akrab Syaifullah Yusuf mengaku ikut bangga Kota Malang di bawah kepemimpinan Abah Anton (panggilan akrab Wali Kota Malang, red) bisa meraih penghargaan di bidang PPID. Adanya penghargaan ini menjadi sebuah amanah bagi pemerintahan agar bisa semakin baik lagi dalam melayani masyarakat. “Pokoknya ada Abah Anton semua pasti beres,” pungkasnya, Jum’at (12/12).

Gus Ipul mengatakan ikut bersukacita atas kesuksesan Kota Malang dan juga kota/kabupaten lain di Jatim. Kesuksesan kota/kabupaten se-Jatim berarti kesuksesan pula bagi masyarakat Jatim dan Provinsi Jatim.

“Prestasi kota/kabupaten dalam kegiatan kali ini adalah contoh yang baik untuk ditiru baik bagi masyarakat, instansi, atapun kelompok lain yang ada di Jatim,” tegas Gus Ipul.

Gus Ipul menjelaskan, Komisi Informasi Provinsi Jatim memberikan penghargaan bagi mereka yang berprestasi. Dimana Komisi Informasi Publik (KIP) lahir pada era reformasi yang menuntut keterbukaan dalam berbagai bidang termasuk pelayanan publik.

Adanya Komisi Informasi adalah suatu proses demokrasi, segala informasi yang dilakukan pemerintah, masyarakat ikut melihat, berpartisipasi, dan mengawasi sehingga hak-hak mereka sebagai warga Negara terpenuhi. Ke depan, Gus Ipul mengibaratkan kehidupan di masyarakat seperti di aquarium yang terlihat dan ada keterbukaan sehingga ada fungsi saling mengontrol.

“Selamat kepada semua pihak yang mendapatkan penghargaan ini, prestasi kalian contoh yang baik  untuk ditiru, baik kelompok ataupun instansi lain di Jatim,” papar Gus Ipul.

Sementara itu Abah Anton mengaku sangat bangga atas prestasi yang diraih Kota Malang dalam penghargaan PPID Award 2014 di tingkat Jatim. Penghargaan ini tidak lepas dari kerja keras semua pihak yang ada di Kota Malang untuk bersama-sama memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Penghargaan ini menjadi inspirasi bagi kita untuk bisa samakin baik meningkatkan pelayanan kepada masyarakat diantaranya melalui keterbukaan informasi publik. Marilah yang sudah bagus ini dipertahankan dan yang belum lebih ditingkatkan lagi demi kejayaan dan kesejahteraan Kota Malang tercinta,” kata Anton.