Cewek Cantik Jadi Tukang Tambal Ban

Nanik Fransisca Wijaya
Nanik Fransisca Wijaya

MALANG, MALANG DAILY ** Pekerjaan Tambal Ban identik dengan lelaki, akan tetapi hal ini berbeda dengan Nanik Fransisca Wijaya (18) asal Desa Tlogosari Kecamatan Tirtoyudho yang akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan di Twitter dan Facebook.

Nanik menggeluti profesi ini berawal dari sepeda motor nanik yang bocor setelah pergi kepasar. Sayangnya, pada saat pulang kondisi bengkel sedang ramai, oleh karena itu Nanik inisiatif untuk menambal sendiri ban motornya. Berawal dari hal tersebut Nanik kemudian membantu suaminya Riko Wibowo (22) yang sering kualahan saat banyak pelanggan datang menanambalkan sepeda motornya yang bocor. Meski sempat dilarang oleh keluarganya, Nanik tetap bersikukuh demi meringankan beban suaminya.

Profesi sebagai tukang tambal ban ini mampu menghasilkan uang bagi mereka antara 15 ribu-40 ribu per hari. Namun terkadang Nanik dan suaminya juga tak pegang uang sama sekali. Hal ini tetap membuat Nanik dan suaminya bersyukur, yang penting halal.

Profesi ini memang tak jamak di kampungnya yang rata-rata menjadi buruh pabrik, buruh tani, pencari rumput ataupun pembantu rumah tangga. Namun Nanik tetap tegar menggeluti profesinya demi bertahan hidup mereka dan anaknya yang sekarang sedang berumur tujuh tahun.