UB Tanam Bibit Pohon Bakau di Pesisir Pantai Probolinggo

Penanaman Bibit Pohon Bakau (Foto: Humas UB)
Penanaman Bibit Pohon Bakau (Foto: Humas UB)

Probolinggo, MALANG DAILY ** Universitas Brawijaya (UB) melakukan aksi penanaman 20.000 batang pohon bakau di wilayah pesisir pantai Desa Bayeman, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Aksi penanaman pohon bakau merupakan kerjasasama dengan Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan PT Matahari Sakti.

Pada saat penanaman dihadiri langsung oleh beberapa pimpinan instansi terkait, Prof.Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS (Rektor UB), Drs. H.A. Timbul Prihanjoko (Wakil Bupati Probolinggo ), Puspita Dewi Prijadi (Presiden Direktur PT Matahari Sakti).

Bisri menyampaikan bentuk nyata UB aktif dalam menjaga ekosistem pantai yakni dengan melakukan penanaman pohon bakau. Tiga tahun lalu UB sudah melakukannya di wilayah pesisir pantai probolinggo. Sekitar 50.000 pohon bakau yang ditanam sekarang sudah tumbuh dengan baik hal ini merupakan kerjasama dengan masyarakat sekitar.

“Biasanya dalam perawatan pohon bakau diperlukan kerja keras karena sering hilang tersapu ombak, oleh karena itu perlu diterapkan penanaman yang baik dengan cara memakai kayu dan diikat pada setiap pohon,” ungkapnya.

“Sedangkan Dewi  menyampaikan tujuan penanaman ini untuk menjaga kelangsungan ekosistem kelautan dan perikanan. Selain itu aksi penanaman ini untuk menghijaukan pantai dan melestarikan pantai yang ada di wilayah pesisir Kabupaten Probolinggo.”

Panen Udang

Setelah aksi penanaman pohon bakau kegiatan dilanjutkan dengan memanen udang vaname di tambak milik alumni UB. Pada kesempatan ini Bupati Pribolinggo, Tantri Hasan Aminudin menyampaikan Pemkab mendukung pengembangan dan budidaya tambak udang vaname.  Menurutnya, agar masa kejayaan udang di Probolinggo dapat kembali terulang, perlu penerapan teknologi baru pada pengelolaan budidaya tambak udang.

Sebelumnya Rektor beserta jajarannya melakukan kunjungan pada tambak milik UB dan peninjauan Laboratorium Perikanan Air Payau dan Laut Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) yang berada di Jalan Hayam Wuruk Probolinggo.