UIN Malang Peringati Hari Bahasa Arab

uin-malang-malang-indonesia+1152_13272933159-tpweb14w-3231MALANG, MALANG DAILY ** 18 Desember merupakan hari ditetapkannya Bahasa Arab sebagai bahasa resmi di Perserikatan Bangsa-bangsa yang sekaligus dijadikan sebagai hari Bahasa Arab Se-Dunia.

Setelah sukses menggelar acara peringatan Hari Bahasa Arab se-Dunia pada tahun 2011, kampus pengembang Bahasa Arab Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang kembali menggelar acara yang sama.

Seperti dilansir pada laman UIN Malang acara tersebut untuk mengingatkan kembali bahwa umat Islam perlu menguasai bahasa Arab bila ingin memahami sumber-sumber utama ajaran Islam.

Konferensi Internasional tentang Pembelajaran Bahasa Arab menjadi acara utama pada peringatan Hari Bahasa Arab kali ini. Konferensi yang dilaksanakan sejak hari kamis dan jum’at (18-19) Desember 2014 mengusung tema ‘Kajian tentang Buku Ajar Bahasa Arab untuk Non Arab di Empat Benua’.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk menggali dan berbagi pengalaman dan riset tentang pembelajaran dan pengajaran bahasa Arab yang telah dilaksanakan di berbagai negara di benua Asia, Afrika, Eropa dan Amerika.

Menurut  Dr. Uril Bahruddin, ketua panitia konferensi internasional, masing-masing benua ada pakar-pakar yang dianggap bisa mewakili kawasannya untuk berbagi pengalaman dalam meneliti, mengembangkan dan mengajarkan bahasa Arab.

“Pengalaman mereka sangat berarti bagi pengembangan pembelajaran dan pengajaran bahasa Arab bukan hanya bermanfaat bagi pengembangan bahasa Arab di Indonesia saja, tetapi juga memberikan sumbangsih yang sangat signifikan bagi penelitian, pengembangan dan pengajaran bahasa Arab dalam konteks pemenuhan kebutuhan di era global ini,” lanjut Uril.