HUT ke-15, Kopma UMM Gelar Bazaar Wirausaha Mahasiswa

ANTUSIAS - Bazaar wirausaha Kopma UMM mendapat antusiasme mahasiswa. (Foto: Humas UMM/M. Zulfikar Akbar)
ANTUSIAS – Bazaar wirausaha Kopma UMM mendapat antusiasme mahasiswa. (Foto: Humas UMM/M. Zulfikar Akbar)

Lowokwaru, MALANG DAILY ** Kreasi kewirausahaan dapat berbentuk apa saja. Salah satunya, gelaran event transaksi seperti bazaar. Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan hal tersebut untuk menumbuhkan kewirausahaan mahasiswa.

“Ini merupakan bentuk dukungan UMM kepada mahasiswanya dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa UMM,” ujar Ketua Umum Kopma UMM, Abdullah Zabidi Muchlis, dirilis Humas UMM.

Bazaar wirausaha digelar bertepatan dengan HUT ke-15 Kopma UMM. Dibuka Senin-Selasa (28-29/9/2015) di depan Laboratorium Biologi UMM, belasan stan usaha mahasiswa ramai dikunjungi pembeli.

Mahasiswa wirausaha yang turut dalam bazaar menjajakan jenis dagangan beragam, mulai dari makanan, minuman, sepatu, jilbab, aksesoris wanita, tas, hingga buku dan jasa travel wisata.

“Bazaar ini merupakan wujud dari Kopma yang ingin menjadi wadah bagi para mahasiswa yang ingin berwirausaha dan telah memiliki wirausaha,” terang Abdullah.

Selain tidak dibatasi jenis produk, para peserta bazaar tidak dikenakan biaya pendaftaran sepeser pun.

Pada penutupan bazaar hari ini, dipenuhi dengan pertunjukan hiburan dari Panitia Kopma UMM dan mahasiswa UMM. Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi UMM lain turut diundang dalam acara penutupan guna mempererat hubungan sesama anggota UKM.

Bazaar yang terletak di kawasan kampus ternyata menarik perhatian banyak mahasiswa untuk sekadar melihat bahkan membeli. Para mahasiswa yang mengunjungi bazaar tampak antusias saat melihat atau memilih produk-produk yang ditawarkan.

“Jadi tertarik sekali buat mampir. Produk-produknya bagus,” ucap Desi, salah satu pengunjung stan bazaar.

Tanggapan positif diberikan oleh peserta Bazaar, Faridatus Solihah. Ia mengaku sangat antusias mengikuti bazaar yang diadakan Kopma UMM, karena produk yang ia jual dapat lebih dikenal oleh mahasiswa.

“Tentu saja sangat menambah keuntungan bagi saya dan rekan usaha saya yang sama-sama masih mahasiswa. Bisa promosi melalui bazaar ini,” tutur mahasiswa Manajemen UMM itu.

Concern UMM

Untuk menumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswanya, UMM berulang kali menggela Pameran Wirausaha. Kampus tersebut memiliki concern pada kewirausahaan.

Biasanya, kegiatan digelar di area kampus setempat, merupakan kegiatan penjaringan dan penilaian ide-ide bisnis terbaik yang direncanakan dalam sebuah wirausaha mahasiswa yang matang dan implementatif.

Kegiatan ini akan mendorong tumbuhnya calon-calon wirausaha mumpuni yang memiliki perencanaan bisnis matang, baik dari segi orisinalitas gagasan, kelayakan, maupun implementasi di lapangan.

Event juga menjaring mahasiswa yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi pebisnis yang kompetitif dan berkesinambungan. Selain itu, menyosialisasikan wacana kewirausahaan mahasiswa sebagai motor pernggerak perekonomian bangsa dan solusi alternatif mengatasi pengangguran.