25 dan 26 Maret Besok Kota Malang diprediksi Macet Parah

Gajayana Stadion
Stadion Gajayana yang berada di Kota Malang ini akan dipergunakan sebagai tempat digelarnya Milad Hari Muslimah Nahdatul Ulama ke-70 pada 25 dan 26 Maret 2016.

Malang, MALANG DAILY ** Hal ini disampaikan langsung oleh Wali kota Malang H. M. Anton disela kesibukanya. Menurutnya, kondisi kemacetan parah akan terjadi di sekitar jalan menuju Stadion Gajayana Kota Malang. Bertepatan dengan banyaknya peserta yang datang memperingati lahirnya hari Muslimat Nahdatul Ulama ke-70 yang berpusat pada kompleks stadion tertua di Indonesia ini.

Meski masih sebatas pemberitahuan. Para pelancong luar kota yang hendak menikmati akhir pekan di Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu) hendaknya menghindari jalan Ijen dan Bromo utamanya pada hari H.

Harlah yang rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan beberapa menteri, akan dihadiri pula oleh Ketua Muslimat NU, Ketua beserta pengurus NU, Gubernur, Wali Kota dan Bupati dari beberapa wilayah. Catatan sementara panitia, peserta yang hadir kurang lebih mencapai 45.000 orang datang dari empat provinsi. Mayoritas tentunya Jawa Timur, selain itu Jawa Tengah, Jawa Barat dan Maluku.

Untuk mengatasi kepadatan saat berlangsungnya Harlah. Pemkot dan Polresta Kota Malang sedang menggodok rekayasa lalu lintas yang memungkingkan untuk mengurai lalu lintas kendaraan.

Jalan Ijen dan Bromo akan dipergunakan sebagai lokasi parkir kendaraan para peserta Harlah. Demi mewujudkan hal ini, akses jalan untuk umum ditutup pada hari H mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB malam. Selain Ijen dan Bromo, jalan jalur ke arah Rampal akan menjadi opsi lokasi parkir selanjutnya jikalau Ijen dan Bromo tak dapat menampung kendaraan peserta. Hal ini berdasar kendaraan peserta yang terdatar pada panitia kisaran 260 Bus, 800 Minibus dan 200 Kontainer.

Kendaraan peserta yang sebanyak itu, diperkirakan mulai masuk Kota Malang pada malam 24 Maret. Kendaraan peserta yang masuk dari arah utara akan dilewatkan Jalan Panji Suroso menuju Alun-Alun Merdeka. Sementara kendaraan dari arah selatan akan langsung menuju daerah Talun menuju jalan Ijen.