Inovasi Teknologi, Kabupaten Malang Layak Jadi Lahan Pertanian Unggulan

Wagub Jatim dan Wabup Malang meninjau stand pertanian se-Jawa Timur saat Gebyar dan Gelar Inovasi Teknologi serta Pelatihan Pembenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura di Kompleks Wisata Waduk Selorejo, Ngantang, Malang, Rabu (19/10/2016). (Foto: Humas Pemkab Malang)
INOVASI PERTANIAN – Wagub Jatim dan Wabup Malang meninjau stand pertanian se-Jawa Timur saat Gebyar dan Gelar Inovasi Teknologi serta Pelatihan Pembenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura di Kompleks Wisata Waduk Selorejo, Ngantang, Malang, Rabu (19/10/2016). (Foto: Humas Pemkab Malang)

Ngantang, Malang Daily ** Dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-71, Wakil Bupati Malang, M. Sanusi, mengikuti Gebyar dan Gelar Inovasi Teknologi serta Pelatihan Pembenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura di Kompleks Wisata Waduk Selorejo, Ngantang, Malang, Rabu (19/10/2016). Acara dibuka Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.

“Masih sangat luasnya lahan pertanian di wilayah kami (Kabupaten Malang), diharapkan acara ini bisa sering diadakan di sini,” ujar Wakil Bupati Malang yang akrab dipanggil Abah Sanusi, dirilis Humas Pemerintah Kabupaten Malang.

Ia mengungkapkan, tujuan kegiatan acara adalah mempertemukan langsung para pemangku kepentingan, praktisi, perekayasa, produsen, dan konsumen benih. Selain itu, terjadi pertukaran informasi perbenihan tanaman pangan terkini, termasuk menyosialisasikan teknologi tanaman pangan di wilayah Jawa Timur.

“Dengan diadakan kegiatan ini, Kabupaten Malang dengan kondisi alam yang segar dan sejuk senantiasa membuka pintu untuk turut dalam menyukseskan program pertanian,” kata Wabup.

Sementara Wakil Gubernur Jawa Timur, yang akrab disapa Gus Ipul, mengatakan, “Semakin lama dengan berjalannya volume masyarakat maka diperlukan penekanan pengembangan ketahanan pangan yang melibatkan semua unsur, bukan hanya petani, tetapi seluruh lembaga TNI maupun Polri,” terangnya.

Acara berlangsung selama 3 hari, 18-20 Oktober 2016. Adapun rangkaian kegiatan mulai dari penyerahan penghargaan Gubernur Jawa Timur kepada pemenang Lomba Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura kepada sejumlah 47 orang, dilanjutkan pemberian gelar Inovasi Teknologi Pertanian, Keragaman Varietas Unggul Tanaman Pangan, dan Hortikultura, yang menampilkan 192 varietas dari 25 jenis tanaman.

Pada kesempatan itu, Wagub dan Wabup melaksanakan panen secara simbolis di areal Gelar Inovasi Teknologi Pertanian Keragaman Varietas Unggul Tanaman Pangan dan Hortikultura, serta pameran produk unggulan, produk olahan, dan sarana pertanian.

Di akhir acara, dilaksanakan dialog interaktif dengan pelaku usaha tanaman pangan dan hortikultura, petani atau Kelompok Tani (Poktan) atau Gabungan Poktan, produsen benih, produsen hasil pertanian, penyuluh pertanian, pengawas benih tanaman, petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan, serta Dinas Pertanian Kabupaten/Kota se-Jatim.