Kepercayaan, Kunci Sukses Lembaga Keuangan

Pengukuhan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FK-IJK) Malang Bermartabat diharapkan bisa memberikan kontribusi positif bagi daerah dan memberikan serta mempermudah akses jasa keuangan warga masyarakat. (Sumber: Pemkot Malang)

Klojen, MALANGDAILY.COM ** Sudah saatnya menumbuhkan kepercayaan masyarakat akan lembaga keuangan. Hal itu dianggap perlu karena saat ini sudah saatnya semua lapisan masyarakat terakses dan terlayani dengan baik oleh lembaga keuangan. Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji saat pengukuhan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FK-IJK) Malang Bermartabat beberapa waktu lalu.

“Ketika masyarakat mempunyai kepercayaan tinggi, maka lembaga keuangan akan menjadi mitra masyarakat dalam berbagai hal. Potensi masyarakat kita sebenarnya sangat tinggi, dan tinggal bagaimana pihak ketiga, dalam hal ini adalah lembaga keuangan memaksimalkannya,” jelas Sutiaji seperti dikutip laman Pemkot Malang.

Hal senada juga diungkapkan Ketua OJK, Indra Krisna. Menurutnya, banyaknya  warga masyarakat yang belum terlayani dan sulitnya mengakses dunia perbankan. Ini tentunya mengharuskan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FK-IJK) yang beranggotakan berbagai lembaga keuangan harus bersinergi dengan baik.

“FKIJK juga harus bisa memberikan kontribusi positif bagi daerah dan memberikan serta mempermudah akses jasa keuangan warga masyarakat. Dalam konteks ini, khususnya adalah warga masyarakat di daerah yang belum terjangkau oleh lembaga keuangan. Dengan demikian, pelayanan jasa keuangan bisa lebih merata di kalangan masyarakat,” kata Indra.

Sebagai pembina FK-IJK Indra juga mengimbau agar warga masyarakat yang akan berhubungan dengan lembaga keuangan, persyaratannya lebih dipermudah.

“Yang kita harapkan nantinya tidak ada lagi keluhan masyarakat terkait sulitnya mengakses lembaga keuangan,” imbuh Indra.

Yessy Kurnia sendiri sebagai Ketua FK-IJK Malang mengatakan jika pihaknya akan mengoptimalkan semua lembaga keuangan yang menjadi anggotanya. Dia juga berjanji akan memberikan edukasi terkait lembaga keuangan bagi masyarakat melalui berbagai programnya.

“Dengan begitu, selain untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, hal ini untuk menekan peredaran tawaran investasi yang menjebak masyarakat,” papar Yessy.