Pemkot genjot Pertumbuhan Wirausaha

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang Dra. Tri Widyani P., M.Si saat memberikan sambutan pada pelatihan pembuatan olahan produk makanan yang dilaksanakan di Hotel Pelangi, Selasa (29/8). (Foto: Pemkot Malang)

Klojen, MALANGDAILY.COM ** Pemerintah Kota Malang terus mendorong tumbuhnya pelaku wirausaha di wilayah setempat. Pelatihan wirausaha kepada masyarakat pun dilakukan untuk mendukung hal tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang, Tri Widyani P., mengatakan di bawah kepemimpinan Wali Kota Malang, Moch. Anton, pemerintah akan terus berupaya memajukan sektor koperasi dan usaha kecil dan menengah.

“Wali kota, sebelumnya adalah seorang wirausahawan. Ia ingin dari Kota Malang ini banyak terlahir wirausahawan-wirausahawan baru,” kata Widyani, saat membuka pelatihan pembuatan olahan produk makanan di Hotel Pelangi, Selasa (29/8/2017), seperti dikutip dari laman Pemkot Malang.

Pelatihan tersebut merupakan salah satu kegiatan pembinaan kemampuan dan ketrampilan kerja bagi usaha mikro masyarakat. Melalui pelatihan pembuatan olahan produk makanan yang digelar, dia berharap para peserta dapat memanfaatkan materi pelatihan untuk bekal berwirausaha.

Dikutip dari laman tersebut, pelatihan pembuatan olahan produk makanan diikuti oleh 120 peserta.  Ketua pelaksana kegiatan, Wahyu Widodo, mengatakan peserta terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mengikuti pelatihan membuat produk makanan olahan, sedangkan kelompok kedua mendapatkan pelatihan sablon.

“Untuk produk olahan makanan, peserta diberi materi pembuatan bakmi sayur, bakso, jajanan, kue modern dan menghias kue tar,” kata Wahyu.

Pada kegiatan tersebut peserta juga diberikan materi tentang membangun wirausaha tangguh dan mandiri, materi kewirausahaan dan materi business model canvas.