Penduduk Bertambah, Jumlah Kursi DPRD Siap Ditambah

Jumlah anggota DPRD Kota Batu masih sejumlah 25 orang maka tahun depan bakal menjadi 30 orang. (Sumber: Pemkot Batu)

Batu, MALANGDAILY.COM ** Jumlah kursi DPRD Kota Batu akan bertambah seiring terus bertambahnya jumlah penduduk di kota tersebut. Pada pemilihan legislatif (pileg) 2019, jumlah kursi anggota DPRD akan meningkat menjadi 30 kursi.

Dilansir dari laman Pemkot Batu saat ini Kota Batu memiliki 25 anggota DPRD. Namun pada pileg 2019 akan ada tambahan lima kursi lagi. Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Rochani, penambahan kursi legislatif terjadi karena jumlah penduduk Kota Batu yang terus bertambah hingga September 2017.

Disebutkan jumlah penduduk Kota Batu sudah mencapai 220.165 jiwa. Sedangkan pada pileg 2014, jumlah penduduk Kota Batu masih di bawah 200 ribu jiwa. Terkait kondisi tersebut, sesuai aturan Undang Undang No. 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, jumlah wakil rakyatnya harus ditambah.

Dia mengatakan daerah dengan jumlah penduduk di atas 200 ribu jiwa, jumlah anggota DPRD harus 30 orang. Untuk itu jumlah anggota DPRD Kota Batu akan bertambah 5 orang dari jumlah sebelumnya, 25 orang.

Menurut Rochani, penambahan kursi di DPRD juga akan berdampak pada penambahan jumlah daerah pemilihan (dapil).

“KPU Kota Batu berencana menambah jumlah DAPIL dari sebelumnya tiga dapil menjadi empat dapil,” kata dia. Jika sebelumnya dapil dibagi per  kecamatan, yaitu Kecamatan Batu, Junrejo dan Bumiaji, maka khusus Kecamatan Batu akan dipecah menjadi dua dapil.

Pemecahan dapil di Kecamatan Batu juga didasari dengan peningatan jumlah penduduk dikecamatan tersebut yang juga terjadi cukup pesat. Untuk itu Kecamatan Batu dinilai paling sesuai dan memenuhi syarat untuk dipecah menjadi dua dapil.

Saat ini anggota DPRD Kota Batu berasal dari 9 partai politik. Jumlah kursi paling banyak ditempati Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan 5 kursi. Kemudian Partai Gerindra sebanyak 4 kursi. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga menduduki 4 kursi. Sedangkan Partai Golkar, Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) masing masing 3 kursi.