Grebeg Sura Untuk Kota Malang yang Tenteram

Grebeg Sura digelar di Kota Malang beberapa waktu lalu. Grebeg yang dilakukan sebagai bentuk ruwatan ungtuk keamanan, ketenteraman, kemakmuran hingga harapan terhindar dari segala mara bahaya itu digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). (Sumber: Pemkot Malang).

Malang, MALANGDAILY.COM ** Grebeg Sura digelar di Kota Malang belum lama ini. Grebeg yang dilakukan sebagai bentuk ruwatan ungtuk keamanan, ketenteraman, kemakmuran hingga harapan terhindar dari segala mara bahaya itu digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

Dilansir dari laman Pemkot Malang, pada acara yang dilakukan pekan lalu itu juga dilepaskan sepasang burung merpati berwarna hitam dan putih sebagai perlambang kebaikan. Selain itu juga dilepaskan ikan di kolam Alun-alun Tugu sebagai simbol harapan agar Kota Malang semakin makmur.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disbudpar Kota Malang, Heri Sunarko, mengatakan ruwatan Kota Malang itu dilakukan dalam rangka memohon keselamatan dan keberkahan agar Kota Malang semakin gemah ripah loh jinawi.

“Parade ruwatan Kota Malang dimulai dengan berjalan dari Balai Kota Malang mengelilingi Alun-alun Tugu dilanjutkan ke Alun-alun Merdeka,” kata Heri, seperti dikutip situs tersebut belum lama ini.

Sebagai rangkaian acara juga digelar pertunjukan wayang di Alun-alun Merdeka dengan dalang Ki Suyud. Di tempat yang sama, dalam waktu berbeda juga digelar pertunjukan wayang dengan dalang Ki Ardhi Purbo Antono dan lawak Topan dan kawan-kawannya. Diberitakan, antusias warga cukup tinggi menyambut acara tersebut. Seluruh rangkaian kegiatan disaksikan oleh warga.

Diketahui, tahun lalu di kota tersebut juga dilaksanakan acara yang sama. Acar ruwatan yang dilaksanakan oleh Disbudpar Kota Malang tahun lalu bertema Dharma Bhakti Pertiwi Kutho Malang yang dipusatkan di Alun-laun Merdeka Kota Malang.

Pada kegiatan tersebut digelar kirab sesaji, wayang kulit ruwatan, dan wayang kulit hiburan. Kirab ruwatan Kota Malang waktu itu berangkat dari Balai Kota Malang menuju Alun-alun Merdeka Kota Malang.