Pemkab Dorong Pengembangan UKM

Kamis (19/10/2017) lalu Bupati Malang, Rendra Kresna, membuka kegiatan Gebyar UKM Indonesia 2017 yang berlangsung di Pendopo Agung Kabupaten Malang. (Sumber: Pemkab Malang).

Malang, MALANGDAILY.Com **  Gebyar Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia 2017 yang baru saja digelar di Malang, diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Malang. Perkembangan UKM diharapkan memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dilansir dari laman resmi Pemkab Malang, pada Kamis (19/10/2017) lalu Bupati Malang, Rendra Kresna, membuka kegiatan Gebyar UKM Indonesia 2017 yang berlangsung di Pendopo Agung Kabupaten Malang.

Bupati berharap kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi jalannya pembangunan di Kabupaten Malang, khususnya pada sektor ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

UKM dan koperasi dinilai sebagai salah satu bagian dari sistem perekonomian di Indonesia, yang telah menunjukkan peran yang signifikan bagi perekonomian masyarakat.

“Koperasi dan UKM ini adalah konsep ekonomi kerakyatan khas Indonesia. Apabila dapat semakin berkembang akan membawa dampak positif pada pemerataan kesejahteraan. Pemkab Malang akan terus mengupayakan dukungan bagi koperasi dan UKM,” kata dia seperti dikutip situs tersebut.

Keberadaan UKM diharapkan mampu berkontribusi pada terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Dengan begitu secara tidak langsung mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Di Kabupaten Malang sudah ada tangan-tangan kreatif yang mampu merubah hasil pertanian dan perkebunan menjadi bernilai konsumsi. Misalnya, hasil panen pisang tidak dijual mentah, namun diolah menjadi getuk, keripik dan selai pisang. Sebagian UKM sudah mampu mengakses hasil produksinya menuju (pasar) internasional baik melalui digital dan media sosial,” kata dia.

Melalui kegiatan Gebyar UKM Indonesia 2017 dia berharap bisa menampilkan UKM dengan hasil produksi unggulan di Kabupaten Malang. Kegiatan itu diharapkan dapat menjadi media untuk mempromosikan UKM Kabupaten Malang. Serta memicu semangat inovatif dari para pelaku UKM.