Pemkot Batu Rayakan Pesta Demokrasi Tingkat Desa

Penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan ketua RT dan RW di wilayahan Kota Baru beberapa waktu lalu berjalan secara demokratis. (Sumber Pemkot Batu).

Batu, MALANGDAILY.COM ** Seluruh warga Kelurahan Sisir melakukan pemilihan Ketua RT dan RW serentak tahun 2017 beberapa waktu lalu. Proses demokrasi tersebut memilih 13 pejabat Ketua Rukun Warga (RW) dan 82 pejabat Ketua Rukun Tetangg (RT).  Setiap wilayah RT dan RW telah ditetapkan 1 Kepala Keluarga (KK) mendapatkan 1 hak suara.

Seperti diberitakan Laman Pemkot Batu, selain warga, proses pemilihan ini juga diikuti Plt. Walikota yang mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS) 14 wilayah RT.05  RW.02.  Sedangkan Ketua DPRD mencoblos di TPS 52 RT.05 RW.08.

Pelaksanaan pemilihan RT dan RW tersebut dilakukan secara serentak di wilayah Pemkot Batu dan ditinjau langsung oleh pelaksana tugas (Plt) Walikota Batu Punjul Santoso. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan proses pemilihan berjalan lancar.

“Kami berharap pemilihan secara demokratis diharapkan mampu memberikan kontribusi meningkatnya pelayanan pada masyarakat di wilayah RT  dan RW setempat,” kata Plt Walikota Batu Punjul Santoso disela-sela tinjauan yang dilakukan di Kecamatan Batu seperti dikutip laman resmi Pemkot Batu.

Plt . Walikota Batu juga berharap dari pelaksanaan pemilihan secara demokratis ini  mampu menghasilkan pemimpin di lingkup RT dan RW yang selanjutnya bersama seluruh element masyarakat bisa memberikan kontribusi dalam meningkatkan pelayanan pada masyarakat dan pembangunan Kota Batu.

Pihak Pemkot Batu berencana meningkatkan tunjangan bagi pejabat RT dan RW jika anggaran APBD memungkinkan. “Selama ini Pejabat RT dan RW di wilayah Kota Batu telah mendapatkan pembinaan dari kelurahan maupun pihak Pemkot Batu dan menerima insentive sebesar 250 ribu perbulan. Kami berencana meningkatkan insentive para pejabat RT dan RW, namun hal ini masih menunggu kemampuan anggaran dari PEMKOT Batu,” pungkas Punjul.