Revitalisasi Jalan di Kecamatan Bumiaji Telan Anggaran 953 Juta

(Foto: Kecamatan Bumiaji) Telan anggaran hingga 953 juta lebih, revitalisasi jalan rusak yang menghubungkan desa Jalan Dusun Jantur menuju Dusun Brau Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu sudah rampung pengerjaannya. (Sumber foto: wordpress).

Bumiaji, MALANGDAILY.COM ** Telan anggaran hingga 953 juta lebih, revitalisasi jalan rusak yang menghubungkan desa Jalan Dusun Jantur menuju Dusun Brau Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu sudah rampung pengerjaannya.

“Dana tersebut sekitar 200 juta untuk perbaikan fisik jalan dan sisanya untuk biaya pembebasan lahan,” ungkap kepala bidang (kabid) Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Alfi Nurhidayat beberapa waktu lalu seperti diberitakan laman resmi Pemkot Batu.

Proses pengerjaan jalan yang terputus akibat longsor pada 15 November 2016 lalu tersebut juga terbilang cepat. Panjang jalan yang baru ini mencapai 150 meter dengan lebar 5 meter atau lebih panjang dan lebar dibandingkan kondisi jalan sebelum longsor. “Pengerjaannya hanya sekitar empat bulan, dimulai sejak Juni kemarin,” terang Alfi.

Meski sudah dapat dilalui kendaraan roda empat dan roda dua, kondisinya juga sudah bagus. Namun, pembangunan jalan yang menghubungkan dua dusun ini belum sepenuhnya selesai. Proyek pengerjaan revitalisasi jalan ini tengah mencapai tahap finishing perbaikan saluran drainase yang ada di sisi utara badan jalan.

Keberadaan saluran drainase ini sendiri cukup penting. fungsinya agar air irigasi tidak mengalir ke badan jalan yang bisa menyebabkan jalan cepat rusak.

Di sini lain DPUPR juga tengah melakukan tambal sulam jalan yang rusak dibeberapa titik di wilayah Kecamatan Batu berdasarkan aduan warga. “Sedikitnya ada tujuh hingga sepuluh laporan yang masuk ke kantor setiap hari sayangnya tak semua laporan benar sebagian ada yang hoax,” kata Alfi.

Berdasarkan data DPUPR Kota Batu setiap tahun ada sekitar 30 persen jalanan di Kota Batu mengalami kerusakan mayoritas kerusakan pada permukaan aspal yang mengelupas

Kerusakan permukaan jalan terjadi hampir merata di tiga kecamatan se Kota Batu mayoritas kerusakan diakibatkan oleh luapan air yang tak tertampung di saluran drainase

Untuk perbaikan semua permukaan jalan yang rusak di Kota Batu pihak DPUPR sudah menyiapkan anggaran swakelola sebesar 400 juta rupiah untuk perawatan rutin jalan selama satu tahun anggaran. Planningnya pengerjaan jalan rusak dibeberapa titik tersebut selesai sebelum musim penghujan tiba.