Tunjungtirto Menuju Kampung yang Maju, Berseri, dan Bersih

Desa Tunjungtirto dinobatkan sebagai desa sadar BPJS. peresmiannya dilakukan pada Minggu (21/20/2017) lalu oleh Bupati Malang, Rendra Kresna. (Sumber: Pemkab Malang).

Singosari, MALANGDAILY.COM ** Minim akan potensi sumberdaya alam tak menyurutkan warga desa Tunjungtirto menciptakan desa yang maju. Dapat menggaet minat wisatawan untuk berkunjung dan meningkatkan perekonomian masyarakat menjadi tujuannya.

Seperti diberitakan laman resmi Pemkab Malang, hal tersebut diungkapkan oleh kepala desa Tunjungtirto, Hanik Dwi Martha seperti yang diberitakan laman resmi Pemkab Malang, Minggu (22/10/2017).

“Desa Tunjungtirto memang sangat minim potensi sumberdaya alam yang bisa di kembangkan. Kami bersama masyarakat terus berusaha untuk mengembangkan desa kami, memanfaatkan potensi sumber daya manusia yang ada seperti di Dusun Losawi ini. Dengan mengembangkan dusun, merubah menjadi kampung berseri dan bersih. Harapannya kedepan ini akan bisa mendatangkan wisatawan, sehingga bisa menambah perekonomian masyarakat.”

Di sisi lain, saat ini Desa Tunjungtirto telah menyandang predikat sebagai desa sadar Badan Jaminan Penyelenggara Sosial (BPJS) ketenagakerjaan dan BUMDESA maju bersama. Peresmiannya sendiri dilakukan langsung oleh Bupati Malang, Rendra Kresna pada Minggu (22/10/2017).

Selain meresmikan desa sadar BPJS, Rendra Kresna juga menyerahkan bantuan tanggung jawab sosial dari BPJS Ketenagakerjaan dan PT. Perkebunan Nusantara XXI (Persero). Dalam sambutannya Bupati Malang menyampaikan bahwa sinergitas BPJS ketenagakerjaan dengan masyarakat di Kabupaten Malang, khususnya di Desa Tunjungtirto sangat bagus.

“Saya sampaikan terima kasih kepada BPJS ketenagakerjaan Malang, yang sudah bekerja bersama bersinergi dengan baik memajukan desa Tunjungtirto di bidang BPJS ketenagakerjaan,” katanya seperti dikutip dari situs yang sama.

Bupati juga mengapresiasi Desa Tunjungtirto yang sudah mampu menjadikan desanya menjadi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan. “Desa Tunjungtirto patut di beri apresiasi yang tinggi, menjadikan desanya menjadi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan,” kata Kresna.

Tunjungtirto merupakan desa pertama dan satu satunya Desa di Kabupaten Malang, bahkan dari informasi juga merupakan desa pertama di Indonesia yang warganya sadar PBJS ketenagakerjaan. Kresna berharap hendaknya Desa Tunjungtirto dapat dijadikan replikasi dan desa-desa lain di Kabupaten Malang dapat melaksanakannya.