Pasca Diresmikan, Pengoperasian Tol Mapan Gratis Sampai Lebaran

Presiden Jokowi didampingi para menteri, Gubernur Jawa Timur, Bupati dan Walikota Malang meresmikan Tol Mapan, Senin (13/5/2019). (Foto: malangkab.go.id)

Singosari – Jalan Tol Malang-Pandaan (Mapan) diresmikan Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Malang, Senin (13/5/2019). Dalam peresmian yang berlangsung di Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang tersebut, Presiden menyatakan pengoperasian Tol Mapan akan digratiskan sementara hingga lebaran mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengimbau agar masyarakat maupun pengguna tol tidak dibebankan pembayaran dulu saat menikmati tol Mapan selama masa yang ditentukan. Adanya tol ini diharapkan bisa memepercepat mobilitas barang dan jasa, serta mendukung percepatan dan pertumbuhan perekonomian di wilayah Malang Raya sebagai kawasan wisata dan pendidikan.

“Bu Menteri (BUMN) menjawab permintaan saya, siap tol akan digratiskan hingga lebaran. Diharapkan pembangunan tol secara fleksibilitas juga terkoneksi hingga Kepanjen dan Blitar,” harap Presiden dalam situs resmi Pemerintah Kabupaten Malang.

Tol penghubung dari arah Surabaya sampai ke Malang ini sudah lama ditunggu oleh masyarakat. Sebelumnya, perjalanan dari arah Pandaan ke Malang atau sebaliknya, harus ditempuh tiga sampai lima jam. Namun dengan adanya tol Mapan ini, diperkirakan bisa ditempuh hanya dalam waktu satu jam. Pembangunan jalan Tol Mapan ini masih kurang atau tersisa sedikit sepanjang kurang lebih 7,5 km. Namun, Jokowi menegaskan, pemerintah akan terus mengupayakan. “Maksimal selesai akhir tahun. Syukur-syukur selesainya malah bisa maju,” ujar Presiden.

Dikutip dari portal resmi Pemkab Malang, tercatat ringkasan jalan tol Mapan memiliki panjang 38,5 km dan siap operasi 30,6 km menghubungkan tol Pandaan – SS (Simpang Susun) Singosari, dengan kecepatan rencana kendaraan 80 km/jam. Jumlah lajur tahap awal 2×2 dan tahap akhir 2×3, dengan lebar lajur 3,6 m. Tol ini memiliki lima buah SS, antara lain SS Purwodadi, Lawang, Singosari, Pakis, dan Malang. Tol ini sedianya memiliki empat seksi yakni seksi 1: 15,5 km (Pandaan-Purwodadi), seksi 2 sepanjang 8 km (Purwodadi-Lawang), seksi 3: 7,1 km (Lawang-Singosari), seksi 4: 4,8 km (Singosari-Pakis), dan seksi 5: 3,1 km (Pakis-Malang) yang ditargetkan selesai Desember 2019.

Peresmian tol ditandai penekanan sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi didampingi sejumlah Menteri, Gubernur Jawa Timur, Plt Bupati Malang dan Walikota Malang. Presiden bersama rombongan terbatas kemudian meninjau jalan Tol Mapan, sembari bergerak kembali ke Jakarta melalui Pangkalan TNI AU Abdul Rahman Saleh, Kabupaten Malang.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan ke Kabupaten Malang adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Staf Khusus Presiden Ahmad Erani, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.