Festival Kendaraan Hias, Rayakan Kemerdekaan dengan Semangat Pembangunan

Salah satu kontestan dalam Festival Kendaraan Hias Kota Malang 2019. Festival kali ini diikuti oleh 113 peserta. (Foto: Pemkot Malang)

Klojen, Malang- Pemerintah Kota Malang mengadakan gelaran Festival Kendaraan Hias 2019. Festival kali ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Malang, Sutiaji dan Wakil Wali Kota Malang.

Festival kali ini merupakan serangkaian acara dari peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Peringatan ini diharapkan tak hanya dirayakan dengan sukacita saja, namun yang terpenting memaknai esensi HUT Kemerdekaan itu sendiri, yakni mengisi kemerdekaan dengan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk mencapainya, disampaikan Sutiaji tentu semua elemen masyarakat harus bahu membahu, gotong royong, menjaga persatuan dan kesatuan serta isi kemerdekaan dengan kreativitas anak bangsa.

“Mengisi hari Kemerdekaan dengan ajang kreativitas anak bangsa sangatlah bagus. Terima kasih kepada seluruh yang terlibat, mulai dari OPD, komunitas masyarakat, dan seluruhnya yang ikut menguatkan entitas dan identitas bangsa,” ucap Sutiaji dalam sambutannya.

Melalui kegiatan ini, Sutiaji berharap dapat memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat Kota Malang agar senantiasa ikut berperan dalam menjaga persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan, karena Malang adalah potret Indonesia.

Festival Kendaraan Hias 2019 yang diikuti 113 peserta yang terdiri dari 106 mobil hias dan enam sepeda hias ini mengambil start di Balai Kota Malang – Jl. Kahuripan – Jl Rajabali – Jl. Semeru – dan finish di depan Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta bangsa dalam rangka Menuju Malang Creative City dari Malang untuk Indonesia dan Dunia.

“Penilaiannya yang pertama adalah kreativitas, kedua mengangkat kearifaan lokal dengan nilai-nilai nusantara, kemudian yang ketiga bagaimana mereka berkreasi agar potensi-potensi yang ada instansinya, dinasnya terangkat” tutur Ida Ayu menjelaskan kriteria penilaian kegiatan.

Pemenang Festival Kendaraan Hias 2019

Penyerahan hadiah festival ini berlangsung di halaman depan Balai Kota Malang, Senin (26/8/2019). Selain memberikan penghargaan kepada sejumlah pemenang kendaraan hias, Sutiaji juga memberikan penghargaan kepada pemenang Kontes Video Blog (Vlog) Museum Mpu Purwa 2019 berupa piala dan uang tunai.

Kepada peserta dan pemenang lomba, Wali Kota Malang menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih atas kerja sama yang telah dibangun dengan baik.

“Adanya lomba-lomba ini tujuannya adalah untuk memacu dan juga untuk menunjukkan semangat kita semua. Prestasi yang selalu kita peroleh mudah-mudah terus bisa kita optimalkan,” harapnya.

Wali Kota Malang juga memberikan penghargaan kepada pemenang Festival Kendaraan Hias 2019 untuk kategori masyarakat umum, kelurahan, komunitas, dan media.

Keluar sebagai juara I adalah Kelurahan Polowijen, Kelurahan Purwodadi sebagai juara II, disusul Kelurahan Kesatrian sebagai juara III.

Selain itu, untuk pemenang Festival Sepeda Pancal Hias 2019 untuk kategori SMP, SMA, dan SMK diberikan kepada SMPN 27 Malang yang sebagai juara I, SMK Telkom sebagai juara II, dan SMPN 18 Malang sebagai juara III.

Sementara, pemenang lomba vlog yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang ini yakni Fery Soebrata (juara I), Kurniawan Anshari (juara II), dan Markus Virnanda Luvi (juara III). Selain pemberian penghargaan kepada tiga besar pemenang, Pemkot Malang juga memberikan penghargaan kepada pemenang video favorit yang diraih oleh Eka Brilian dan apresiasi pelajar yang diberikan kepada Rafa dan Tuan Bonar Alehandro .