Kerjasama Kabupaten Malang – UMM Mulai Ditindak Lanjuti Dinas

Tinjauan Kepala Dinas Peternakan di Peternakan UMM (Foto: Humas UMM)

Singosari, MALANGDAILY.COM ** Niatan Pemerintah Kabupaten Malang untuk meningkatkan perekonomian daerah terus digalakkan.Hal tersebut nampak dari pergerakan beberapa kepala dinas di antaranya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, serta Dinas Perikanan untuk menindak lanjuti kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Mereka mulai melakukan penjajakan pada setiap potensi kerjasama yang bisa dikolaborasikan.

Seperti dikatakan Dekan FPP UMM (Jum’at, 20/09)  Dr., Ir. David Hermawan, M.P., IPM dalam umm.ac.id bahwa kerjasama antara akademisi dengan Pemerintah Kabupaten Malang diharapkan bisa meningkatkan produktivitas dalam beternak di sebuah bidang.

“Pertemuan kita dengan empat kepala dinas ini adalah untuk membuat konsep bersama dalam membangun pertanian, perikanan, peternakan  Kabupaten Malang hingga lima tahun mendatang. Alhamdulillah, FPP UMM dipercaya oleh Bupati Malang untuk mendampingi dan merancang dalam rangka peningkatan perekonomian kabupaten Malang,” Terangnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Pak Nurcahyo menyatakan :

“Kerjasama ini agar bisa meningkatkan produktifitas dalam berternak di semua bidang, baik itu  ternak ayam, ternak kambing, peternak sapi perah maupun sapi potong, yang selama ini kita anggap perlunya peningkatan produktifitas dari peternak. Saya kira peran akademisi bisa membantu dalam pengembangan budidaya ternak,” Jelasnya dirilis umm.ac.id.

Beliau pun melanjutkan bahwa disamping Pemerintah Kabupaten Malang memiliki rencana jangka pendek meningkatkan produktivitas ternak juga untuk membawa kabupaten Malang menjadi penyumbang swadaya ternak terbesar di Indonesia.

“Saat ini sudah masuk 5 besar di Jawa Timur sebagai penyedia swasembada pangan berupa ternak dengan 33 kecamatan, 12 kelurahan, dan 378 desa,” Lanjutnya.

Di tempat yang sama di Laboratorium Terpadu FPP UMM Ir. M. Nasri Abdul Wahid M.Eng., Sc selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang menyatakan bahwa setidaknya ada 2 aspek yang harus diperhatikan dalam pangan, yaitu Aspek Produksi dan Aspek Konsumsi.

“Meningkatnya tingkat konsumsi masyarakat, musti diimbangi dengan keseimbangan produksi yang dilakukan,” Terangnya.