Kirab Budaya Sumpah Ikrar Bakti Kepala Desa Mangliawan

Bupati Malang, Sanusi, menghadiri acara Ikrar Bhakti Kepala Desa Mangliawan. (Foto: Pemkab Malang)

Malang- Ikrar Bhakti Kepala Desa Mangliawan dilakukan oleh Soeprapto, kades terpilih yang baru saja dilantik Bupati Malang. Ikrar ini berlangsung Minggu (29/09) siang di Wana wisata Wendit, Kecamatan Pakis.

Soeprapto, merupakan kades yang terpilih beberapa waktu lalu. Pembacaan ikrar ini juga diikuti oleh para perangkat desa. Mereka berkomitmen untuk menjalankan tugas melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengambil tema ‘Bangkitlah Jiwa-jiwa Nusantara’.

Hadir dalam kegiatan Kirab ini Bupati Malang, Sanusi bersama Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto.

Bupati Malang mengatakan, selain sebagai hiburan rakyat, pelaksanaan Kirab Budaya juga memiliki makna sebagai salah satu upaya untuk melestarikan kekayaan khazanah budaya bangsa. Karena disadari atau tidak, kata beliau, kebudayaan sejatinya merupakan media yang ampuh dalam mempersatukan seluruh lapisan, dari berbagai kalangan masyarakat.

”Kita harus berkomitmen bahwa perbedaan bukanlah celah untuk saling menjatuhkan, melainkan harus saling menguatkan. Di sisi lain, Kirab Budaya seperti ini tidak hanya bermakna seremonial saja, akan tetapi jika dilihat dari sisi pariwisata, merupakan salah satu asset wisata budaya yang potensial, untuk mendatangkan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara,” ujarnya dalam sambutannya.

Menurutnya, keberagaman budaya tersebut harus dapat menghiasi dan menciptakan harmonisasi, serta mampu berkolaborasi mewujudkan semangat persatuan dalam perbedaan.

Menjaga Persatuan

Hadir juga pada acara ini, selain Ketua DPRD Kabupaten Malang, juga dihadiri sejumlah Kepala Organisasi Kepala Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, diantaranya Kepala DPMD, Dirut PDAM, Kepala Dinas Cipta karya, Kepala Dinas PU Bina Marga, Kasat POL PP, dan Camat Pakis. Acara ikrar berlangsung di Pendopo Wana Wisata Wendit dan setelahnya dilanjutkan gelaran kirab ke Kantor Desa Mangliawan.

Bupati Malang, Sanusi berharap, kepada masyarakat Desa Mangliawan, agar terus meningkatkan kerjasama dan semangat gotong-royong. Guna mendukung program-program pembangunan Pemerintah Kabupaten Malang, sekaligus mendorong pertumbuhan dan peningkatan ekonomi daerah, sehingga kesejahteraan dan kemajuan masyararakat Kabupaten Malang dapat terwujud.

”Semoga niat baik kita, senantiasa mendapat ridho Allah SWT dan akan membawa berkah bagi kita semua, khususnya masyarakat Desa Mangliawan Kecamatan Pakis, maupun masyarakat Kabupaten Malang. Aamiin,” harap Bupati.

Ia menjelaskan, kehadiran dirinya bersama Forkopinda dan jajaran OPD Pemerintah Kabupaten Malang ke acara tidak lain untuk menjaga jalinan silaturahmi, sekaligus memberikan dukungan, kepada seluruh unsur penyelenggara Pemerintah Desa Mangliawan. Khususnya Kepala Desa yang baru dilantik harus mampu membawa Desa Mangliawan ke arah yang lebih baik.