Kecamatan Ngajum Miliki Potensi Wisata dan Ekonomi Kerakyatan

Bupati Malang, Sanusi, mengunjungi sumber air Umbulan yang kini miliki ikon wisata desa kolam renang bagi anak-anak, Jumat (11/10) siang. (Foto: Pemkab Malang)

Malang- Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang memiliki potensi yang luar biasa. Secara spesifik, kecamatan ini memiliki potensi dalam bidang pariwisata dan ekonomi kerakyatan.

Hal ini dijelaskan oleh Bupati Malang, Sanusi, saat berkunkung ke Kecamatan Ngajum, Jumat, 11 Oktober 2019.

Menurutnya, Kecamatan Ngajum memiliki potensi luar biasa yang masih harus terus diangkat agar semakin dikenal dunia luas.

”Dari kunjungan ini, kami melihat potensi dari Kecamatan Ngajum yang bisa dikembangkan. Antara lain ada kolam renang Umbulan yang ada di Desa Maguan, dan Keraton Gunung Kawi di Desa Balesari. Juga ada PAUD di sejumlah desa dan potensi peternakan susu yang begitu bagus,” terang Sanusi kepada awak media usai meresmikan kolam renang Umbulan, Jumat, 11 Oktober 2019.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang siap mendampingi dan memberikan dukungan penuh kepada masyarakat Ngajum agar potensi itu semakin berkembang.

Pembangunan di Kabupaten Malang

Bupati juga menegaskan, sebagai bentuk evaluasi pasca kunjungan di wilayah Ngajum, pihaknya bakal memproyeksikan sejumlah potensi itu pada perencanaan pembangunan di Kabupaten Malang tahun 2020.

Pengembangan pariwisata desa mengangkat Umbulan dan Keraton Gunung Kawi sebagai salah satu destinasi wisata di Kecamatan Ngajum. Dikatakan Bupati, nanti akan dirapatkan bersama untuk menentukan perencanaan dan pengembangan potensi desa tersebut.

”Akses jalan diproyeksikan ada pembangunan dan perbaikan agar bisa bagus sampai ke lokasi. Selain sektor pariwisata, Pemkab juga akan lakukan pengembangan di bidang lain, seperti peternakan sapi perah,” jelasnya.

Menurutnya, di Ngajum berdomisili pabrik Greenfields yang sudah mampu berproduksi 35 liter per ekornya.

“Setidaknya, masyarakat atau peternak di Ngajum ini bisa replikasi dalam upaya pengelolaan sapi perah,” imbuhnya.