RW 07 Tlogomas Menerima Penghargaan Tingkat Nasional Dalam Program Kampung Proklim

Ketua RW 07 Kelurahan Tlogomas Menerima Penghargaan Kampung ProKlim Tingkat Nasional dari Menteri LHK RI (Foto: Humas Pemerintah Kota Malang)

Singosari- ProKlim atau Program Kampung Iklim merupakan program berlingkup nasional yang dikembangkan KLHK RI untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca

RW 07 Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang memperoleh Penghargaan Proklim Utama 2019 karena telah memenuhi seluruh kriteria yang telah ditetapkan dan dinilai secara nasional yaitu aksi mitigasi, aksi adaptasi, aksi resilient (ketahanan pangan, antisipasi bencana, dan kesehatan), partisipasi masyakarat terhadap pelestarian LH.

  1. Aksi Mitigasi diwujudkan melalui penanaman tanaman penyerap karbon (konservasi tanaman bambu), keanekaragaman hayati flora, pemilahan sampah, memiliki IPAL komunal untuk limbah domestik, dan program ramah lingkungan hidup yang dibudidayakan di tingkat RW.
  2. Aksi Adaptasi diwujudkan dengan memiliki atau membangun banyak sumur resapan untuk konservasi air.
  3. Aksi Resilient atau Ketangguhan diwujudkan dengan memiliki sistem tanggap darurat bencana perubahan iklim, memiliki sentra urban farming, memiliki banyak kader kesehatan yg tanggap terhadap fenomena perubahan iklim, dan
  4. Seluruh segmen masyarakat RW 07 berpartisipasi aktif dalam menjalankan program-program pelestarian lingkungan hidup.

Penghargaan Kampung ProKlim Tingkat Nasional ini diserahkan di Jakarta tepatnya di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, (2/10/2019) oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya Bakar dan diterima langsung oleh Ketua RW 07 Kelurahan Tlogomas Sutrisno Atim.