Kecamatan Blimbing Resmi Miliki Bank Sampah

F3R melakukan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana mengolah sampah plastik. (Foto: Pemkot Malang)

Blimbing – Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur resmi memiliki Bank Sampah Blimbing Sinam. Hal ini karena F3R (Fasilitator Reduce, Reuse, Recycle) Kecamatan Blimbing semakin aktif melakukan sosialisasi.

F3R melakukan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana mengolah sampah. Menurut Ernik Yustian, F3R Unit Bank Sampah Kecamatan Blimbing, masih banyak masyarakat yang awam terkait dengan pengelolaan limbah plastik.

Sosialisasi terus dilakukan termasuk bagaimana mengolah sampah organik maupun anorganik yang dimulai dari lingkungan terkecil yakni rumah.

“Seperti saat mendapatkan limbah gelas air mineral, kebanyakan masyarakat hanya diletakan begitu saja. Padahal untuk diolah menjadi biji plastik perlu dibersihkan terlebih dulu,” jelas Yustin, panggilan akrab Ernik Yustian, Rabu (12/2/2020).

Gelas air mineral dalam proses pengolahannya juga harus dipotong-potong setelah dibersihkan. Terutama bagian atasnya, lalu kemudian bagian atas ini bisa dijadikan untuk kerajinan tangan. Sedangkan untuk badan gelasnya bisa dijadikan sebagai biji plastik.

Manfaatkan Sampah Rumah Tangga

Sosialisasi kali ini terus dilakukan baik kepada ASN, pelajar, dan juga warga masyarakat di kegiatan-kegiatan RT/RW atau kelurahan. Harapannya, ada edukasi penanganan sampah yang benar mulai dari rumah bisa semakin cepat membudaya. Jika semuanya berjalan lancar tinggal ke depan akan lebih mudah lagi menanggulangi menumpuknya sampah yang selama ini masih menjadi masalah bersama.

“Hal-hal kecil seperti menangani gelas air mineral bekas seperti yang saat ini terus gencar kami lakukan,” terang Yustin.

Cara pemisahan sampah organik dengan anorganik sejak dari rumah diharapkan bisa mengurangi bahkan bisa meniadakan sampah rumah tangga yang harus dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Diakui Yustin untuk bisa merubah mindset masyarakat yang masih belum banyak yang tahu bagaimana menangani sampah memanglah tidak semudah membalik telapak tangan. Karena itu berbagai langkah terus dilakukan tim F3R Kota Malang.

“Termasuk di Kecamatan Blimbing yang memiliki nasabah dari 11 kelurahan, saat ini semakin aktif disosialiasi,” tegas Yustin.

Add Comment