Wali Kota Malang: Pemuda Selalu Bisa Menjadi Agen Perubahan

Wali Kota Malang, Sutiaji, memberikan arahan kepada pemuda pada Fasilitasi Kegiatan Karang Taruna tahun 2020. (Foto: Kota Malang)

BunulrejoPemuda memang selalu menarik untuk dibicarakan, selain semangatnya yang tinggi, pemuda juga menjadi generasi penerus bangsa. Hal ini juga diungkapkan oleh Wali Kota Malang, Sutiaji, Kamis (5/3/2020).

“Pemuda selalu bisa menjadi agen perubahan. Begitupun dengan karang taruna di Kota Malang kami harapkan bisa semakin kreatif dan mampu membangkitkan semangat anak-anak muda,” jelasnya.

Beberapa karang taruna di Kota Malang saat ini telah bergerak progresif, seperti Karang Taruna Bunulrejo dengan co-working space dan pengembangan seni batik Bunulrejo serta Karang Taruna Tanjungrejo dengan pengembangan rumah karya.

Peran pemuda karang taruna menurunya sangat penting bagi pembangunan kota malang. Selain itu, karang taruna juga menjadi mitra strategis untuk suksesnya pembangunan di Kota Malang.

Arahan ini disampaikan di depan pemuda karang taruna dalam pada Fasilitasi Kegiatan Karang Taruna tahun 2020 yang digelar di aula eks Dinas Sosial Kota Malang Jl. Raya Sulfat No. 12 Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis kemarin.

“Kami memberikan apresiasi tinggi serta ucapan terima kasih atas apa yang telah dilakukan karang taruna bagi Kota Malang. Ke depan kita mantapkan terus peran serta karang taruna bagi pembangunan bangsa di masa depan,” ucapnya

Ada perbedaan antara hari ini dan era 90-an. Bahwa pemuda saat ini bisa bebas berkreatifitas dan berinovasi.  Namun, para pemuda dulu sangat bersemangat dalam setiap kegiatan, menurut Sutiaji di era sekarang ini mengalami kelesuan.

Peran Pemuda

Lanjutnya, pemuda harus terus berkiprah, berkarya dan berinovasi melalui organisasi organisasi kepemudaan untuk menyampaikan aspirasinya. Pemuda harus memiliki visi dan misi untuk mementukan bagaimana arah bangsa dan negara ini dibangun pada masa yang akan datang.

“Saya berharap Karang Taruna ke depannya nanti menjadi organisasi sosial, organisasi yang profesional, organisasi kader. Untuk itu, seseorang tidak bisa serta-merta menjadi pengurus karang taruna jika tidak memiliki visi ke depan,” tuturnya.

Ketua Karang Taruna Bunulrejo, Andro Wiwanto, mengapresiasi dan senang pihaknya dapat beraudiensi langsung dengan Wali Kota Malang. Menurutnya melalui kegiatan seperti ini masukan-masukan yang baik bisa didapatkan terutama dari Wali Kota Malang agar organisasi kepemudaan di Kota Malang dalam hal ini karang taruna dapat menggeliat dan tumbuh berkembang.

Add Comment